|
>>>>>> Mengatasi Gugup Pekerjaan Baru<<<<<<
newJobMemulai pekerjaan baru sangat menarik, ada perasaan campur aduk mulai dari semangat hingga rasa gugup. Sebab Anda akan memasuki sebuah lingkungan yang benar-benar baru.
Pekerjaan baru berarti memulai semuanya kembali dari awal, mencari tahu seluk beluk deskripsi pekerjaan Anda, menyelami budaya organisasi perusahaan, serta kepribadian baru rekan kerja Anda.
Ini berarti Anda terus-menerus harus belajar hal-hal baru. Dan sementara periode penyesuaian berbeda untuk setiap orang, sebagian dari kita akan melewatinya dengan mulus, sedangkan sebagian lagi akan merasa kewalahan.
Jika Anda termasuk orang yang kewalahan dalam menyesuaikan diri dengan pekerjaan baru, tanggung jawab baru serta lingkungan baru, berikut cara mudah mengatasinya dengan perasaan tenang.
1. Bangun lebih pagi
Rasanya pasti tak enak jika baru bergabung tapi sering datang terlambat. Belum memulai pekerjaan Anda sudah stres oleh perasaan kesal ketinggalan kereta dan harus menunggu yang berikutnya. Itu artinya Anda bisa 30 menit hingga satu jam terlambat sampai kantor.
Ketika datang terlambat, Anda memulai hari dengan perasaan bingung dan khawatir. Tentu saja ini akan berpengaruh pada sisa hari Anda di kantor. Jika saat datang saja Anda sudah diliputi rasa bersalah, khawatir hingga cemas, sulit rasanya untuk fokus melakukan pekerjaan dengan sebaik mungkin. Tapi Anda bisa membuat semua kecemasan hilang dengan mengatur alarm 30 menit lebih awal dan memiliki target datang ke kantor setidaknya 10 menit lebih awal setiap hari.
2. Hias meja Anda
Meski Anda tak bisa memperlakukan ruangan kantor Anda seperti rumah sendiri dan mendekor ulangnya, paling tidak Anda harus menerapkan prinsip yang sama: buat diri Anda merasa nyaman di meja kerja dengan mengaturnya sesuai selera Anda. Pastikan semua kebutuhan bekerja Anda tersedia di meja. Jangan lupa sempilkan, satu atau dua barang pribadi yang Anda sukai, seperti tempat file warna favorit atau cangkir kesayangan. Beberapa foto sahabat, hewan peliharaan atau keluarga juga bisa memberikan rasa nyaman.
3. Makan siang keluar
Bergabunglah makan siang dengan rekan-rekan baru. Jangan tunggu diajak, tanyakan pada mereka dimana biasa mereka makan. Setelah bergabung makan siang jangan hanya diam saja, mulailah terlibat dalam percakapan ringan. Tanyakan kepada mereka pertanyaan tentang pekerjaan mereka, tetapi juga Anda bebas untuk menggunakan waktu ini untuk membicarakan hal-hal yang tidak berkaitan dengan pekerjaan, misalnya hobi.
4. Jangan berpikir buruk
Jika segala pekerjaan yang Anda lakukan tidak berjalan mulus. Misal Anda memiliki kesulitan dalam mempelajari software serta sistem baru perusahaan, tenang saja. Gunakan waktu untuk terus belajar. Biasanya jika minggu pertama selalu melakukan kesalahan kita akan merasa bodoh dan tak mampu. Tapi pikiran ini jangan Anda piara, sebab hanya akan membuat Anda terus merasa tak mampu. Akibatnya, Anda terus gugup setiap melakukan sesuatu dan tanpa sadar kembali mengulangi kesalahan yang sama. Jadi, hilangkan pikiran buruk tentang diri Anda sendiri. Singkirkan pikiran Anda merasa tak kompeten, tidak bisa, mustahil menguasainya apalagi frustasi. Ingatlah bahwa hambatan akan selalu ada. Bila Anda tenang dan terus berusaha memperbaiki diri, rekan baru Anda akan melihat Anda sebagai seseorang yang tenang di bawah tekanan. Menguasai bidang baru membutuhkan latihan, tapi dengan sikap tetap tenang dan positif akan membuat Anda merasa lebih baik tentang pekerjaan Anda.
|
0 komentar:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !